Jurusan

SMK Negeri 5 Makassar melayani Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dengan pelayanan inilah, SMKN. 5 Makassar terus mengembangkan diri seiring dengan perkembangan teknologi dengan malakoni beberapa program sebagai berikut :

1 . Program keahlian Konstruksi Bangunan membina dan melatih siswa dalam bidang keahlian pembangunan gedung, menghitung rancangan anggaran biaya, mempelajari mekanika teknik gedung, beton dll yang berhubungan dengan bangunan.

pada kurikulum 1984 yang diterapkan lebih kurang 10 tahun disekolah ini, pada bidang keahlian Bangunan terdiri dari jurusan Bangunan Gedung dan Bangunan Air. Bangunan Air ini pernah ada di STM Pembagunan, yang jurusan ini mempelajari tentang pembanguan jembatan, pengairan dsb yang berhubungan dengan pembangunan di bagian air.

2 . Program keahlian Gambar Bangunan membina dan melatih siswa   pada bidang gambar gedung, rumah dsb. Alumni jurusan konstruksi bangunan dan gambar bangunan banyak diterima di perusahaan-perusahaan pada bidang infrastruktur, developer, kantor PU dan instansi lain yang membutuhkan.

3 . Program keahlian Elektronika Industri membina dan melatih siswa di bidang rekayasa teknologi elektronika, memperbaiki televisi, radio, vidio, komputer dan alat-alat elektronik lainnya.

Tamatan jurusan ini banyak diterima di perusahaan elektronik, di indosat, dan banyak juga yang membuka usaha sendiri yang bergerak di bidang reparasi elektronik.

4. Program keahlian Teknologi Komputer dan Jaringan membina dan melatih khusus pada rekayasa komputer dan jaringan melatihan. melatih merakit komputer.

Tamatan jurusan ini banyak bekerja pada peusahaan komputer, dan instansi pemerintah dan swasta yang membutuhkan

5. Program keahlian Mekatronika membina dan melatih siswa dibidang elektronika dan pemesinan. pada saat ini jurusan tersebut baru memasuki tahun ketiga. Diharapkan alumni jurusan tersebut dapat diterima di perusahaan yang bergerak dibidang elektronika dan pemesinan.

6. Program keahlian Listrik Industri membina dan melatih siswa di bidang kelistrikan, memasang instalasi listrik, memperbaiki alat-alat listrik, dsb.

Kebanyakan alumni jurusan ini bekerja pada PLN, dan kontraktor di bidang kelistrikan, dan beberapa instansi pemerintah dan swasta.

7. Program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara membina dan melatih siswa di bidang perbaikan air conditioning, refrigerator dan alat- alat listrik yang berhubungan dengan teknik pendingin.

Alumni jurusan ini bekerja di hotel- hotel dan perusahaan yang memerlukan teknisi di bidang pendingin. banyak juga yang membuka usaha sendiri di bidang reparasi kulkas dan ac.

8. Program keahlian Mesin Konstruksi atau Teknik Pekerjaan Logam membina dan melatih siswa di bidang  pekerjaan logam seperti membuat mur, baut baik menggunakan mesin bubut maupun dengan menggunakan CNC computer numerical control yakni membuat mur, baut,dan alat –alat dengan menggunakan mesin yang dikendalikan oleh komputer.

Alumni jurusan ini banyak bekerja di perusahaan pembuatan kapal.

9. Program keahlian Teknik Las membina dan melatih siswa dalam pekerjaan pengelasan. alumni jurusan ini banyak bekerja pada peusahaan yang memerlukan tenaga pengelasan, juga banyak yang berwiraswasta di bidang bengkel pembuatan pagar besi, dll.

10. Program keahlian Mekanik Otomotif/Kendaraan Ringan membina dan melatih siswa  di bidang perbaikan mesin otomotif baik roda dua maupun roda empat. Program ini juga membuka jurusan otomotif yang bekerja sama dengan Astra International. pada jurusan yang sangat banyak peminatnya ini menolorkan alumni yang banyak bekerja pada perusahaan bengkel-bengkel dan juga banyak yang berdiri sendiri sebagai usahawan yang berhasil di bidang otmotif.

11. Program keahlian Mekanik Alat Berat membina dan melatih siswa di bidang Mekanik Alat Berat cikal bakalnya nanti menjadi seorang Teknisi Alat Berat yang Profesional. Dan saat ini alumninya banyak terserap di industri Alat Berat khususnya di industri pertambangan dan workshop Alat Berat seperti PT. Trakindo Utama, PT. Freeport, PT. Hexindo Adiperkasa, PT. United Tractors, PT. Newmount NTB, PT. Kaltim Prima Cool, PT. Thieess Balikpapan dll. Jurusan  Mekanik Alat Berat sejak berdirinya telah bekejasama dengan PT. Trakindo Utama dibawah Yayasan Mitratama Jakarta dengan penandatanganan MoU. Dimana sebagian guru telah mengikuti training Basic Mechanic, Power Train dan Engine Rebuild di Training Center Jakarta maupun Makassar. Ini diharapkan dalam rangka mencetak guru/Instruktor Heavy Duty Mechanic yang profesional.